Makin Tua Makin Jadi

 
Tua-tua keladi. Makin tua makin
menjadi. Ungkapan ini meluncur dari bibir Keith Kayamba Gumbs, yang mencetak gol terakhir untuk melengkapi kemenangan 3-0 Arema Indonesia atas Persita Tangerang, sore kemarin.
Selebrasinya yang unik, yakni bergaya kakek-kakek, lengkap dengan tongkat corner kick yang digunakannya untuk berlagak seperti orang tua,seperti mempertegas bahwa semakin tua
pemain malah semakin edan.
Kepada Malang Post, Kayamba
mengungkapkan, selebrasi spesial yang
dilakukannya usai mencetak gol dari titik putih menit 75 adalah untuk menjawab kritik dan cemooh dari fans maupun pemain lain.Banyak sindiran yang menganggap pemain berusia 40 tahun itu, sudah terlalu uzur. Tak layak lagi untuk berlaga di Arema.

‘’Banyak orang yang bilang saya tua. Lewat selebrasi ini saya ingin bilang, jangan lihat umur seseorang, tapi lihat
prestasi dan kinerjanya di lapangan. Saya ini tua keladi, makin tua makin menjadi,’’ ungkap Kayamba ketika
dikonfirmasi via BBM, semalam.
Sebagai gambaran, Kayamba masuk menit 60 menggantikan Dendi Santoso. Lalu, Greg Nwokolo dilanggar pemain
Persita di kotak terlarang menit 72.
Alih-alih diambil striker lain seperti Beto Goncalves atau Christian Gonzales, Kayamba malah yang jadi eksekutor.
Dengan ketenangan, pemain bertubuh atletis, lengkap dengan sixpack yang menonjol itu sukses memperdaya kiper
Persita.Usai mencetak gol, Kayamba lalu menaikkan celananya hingga di atas perut. Setelah itu, ia bergerak menuju pinggir lapangan. Dengan celana masih seperti Jojon, mantan penggawa Sriwijaya FC itu lalu mencabut tongkat corner.

Setelah itu, pemain yang kini mengoleksi 6 gol tersebut berjalan terbungkuk-bungkuk sembari memegangi tongkat,layaknya kakek-kakek yang sudah tua.Ia ingin membuktikan, meski usia tua terus menggerogoti, kinerjanya tetap stabil. Hal itu seperti menepis isu pensiun Kayamba pada akhir musim ini. ‘’Kalau soal pensiun itu urusan lain. Selama saya masih kuat, saya akan tetap main,’’ tandas Kayamba mantap.Sebutan singa tua yang melekat padanya memang sering dijadikan bahan pembicaraan. Dengan usia yang sudah tak muda lagi, banyak keraguan yang muncul dari fans maupun pemain soal kemampuan Kayamba untuk bermain secara full di lapangan.

Namun, mantan penggawa Kitchee FC itu tak mau menyerah terhadap usia. ‘’Semakin tua singa, semakin garang
pula terhadap lawan yang mengusik kandangnya,’’ tutupnya.Perlu diketahui, bukan hanya Kayamba saja yang telah ‘berumur’ di Arema. Setidaknya, ada lima pemain yang usianya sudah melewati masa keemasan.Alberto Goncalves sudah memasuki usia 32 tahun. I Made Wardana sudah berusia 31 tahun. Ahmad Kurniawan
sekarang berusia 33. Sementara, bomber Arema yang telah mengoleksi 13 gol, Christian Gonzales kini mulai
menginjak usia 37 tahun.

0 komentar: